Forum Ekonomi di Paris Bahas Prospek Investasi Indonesia

By Admin

nusakini.com--Prospek investasi di Indonesia dibahas pada Economic Forum on Indonesia yang berlangsung di kawasan bisnis La Défense, belum lama ini. Forum ini diselenggarakan oleh kantor Walikota Puteaux bekerja sama dengan International Business Performance & Partners. Forum ini dihadiri lebih dari 50 orang dari kalangan politisi, pelaku usaha, akademisi, serta masyarakat Prancis lainnya. Economic Forum kali ini merupakan edisi ketiga yang fokus pada prospek ekonomi Indonesia. Adapun dua edisi sebelumnya membahas Tiongkok dan Maroko. 

Dalam paparan pembukaan, Kuasa Usaha ad-interim (KUAI) KBRI Paris, Agung Kurniadi, atas nama Duta Besar RI Paris, yang menyampaikan pandangan tentang hubungan bilateral Indonesia – Prancis, serta kondisi ekonomi Indonesia secara makro. Sementara Kepala BKPM London, Bapak Nurul Ichwan, menyampaikan presentasi mengenai kondisi terkini iklim investasi, prospek investasi, serta tentang pariwisata di Indonesia. 

Sesi presentasi dilanjutkan oleh International Business Performance & Partners yang menyampaikan Komodo Ventures yang berbasis di Jakarta, serta prospek e-commerce di Indonesia. Setelah sesi presentasi, diadakan pula tanya jawab untuk menanggapi keingintahuan para peserta forum. Beberapa pertanyaan yang disampaikan bervariasi, baik mengenai regulasi investasi di Indonesia, budaya kerja para pengusaha dan pekerja Indonesia, hingga proses untuk memulai investasi di Indonesia. 

Distrik bisnis

La Défense adalah kawasan yang sengaja dibangun Pemerintah Prancis sebagai distrik bisnis, semacam SCBD di Jakarta, hingga menjadi yang terbesar di Eropa saat ini. Secara administrasi, kawasan La Défense terbagi dalam beberapa wilayah kota, yaitu Puteaux, Courbevoie, dan Nanterre. Namun, kawasan ini masih merupakan bagian dari Paris Metropolitan Area, berbatasan langsung dengan Kota Paris di sisi barat. Sejumlah kantor pusat perusahaan multinasional Prancis berkantor pusat di La Défense, seperti Total, Engie, Fiat, Société Générale, Aventis, dan AXA. (p/ab)